empat gunung tertinggi di Indonesia


assalamualaikum wr wb


oke kembali lagi bersama saya Tian wijaya, pada kesempatan kali ni saya ingin menceritakan empat gunung tertinggi di Indonesia



1. Gunung Puncak Jaya Wijaya

Gunung ini menjadi gunung tertinggi nomor satu di Indonesia. Puncak Jaya Wijaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter. Dengan ketinggian ini, gunung Puncak Jaya Wijaya masuk dalam deretan salah satu gunung tertinggi di dunia.



Gunung yang terletak di Provinsi Papua ini juga dikenal dengan sebutan Carstensz Pyramid. Gunung ini terletak pada titik koordinat S 04°04.733 dan E 137°09.572. Gunung Puncak Jaya Wijaya juga merupakan gunung kapur terbesar di Indonesia. Saking tingginya, di puncak gunung ini terdapat salju abadi.



2. Gunung Kerinci


Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ditempati oleh Gunung Kerinci. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatra dan gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Gunung yang terletak di perbatasan Kerinci, Provinsi Jambi, dengan Provinsi Sumatra Barat di kabupaten Solok Selatan, di Pegunungan Bukit Barisan ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl.



3. Gunung Rinjani




Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.762 meter. Rinjani menjadi salah satu gunung tertinggi yang populer dan banyak mengundang pendaki.

Gunung Rinjani menyajikan pemandangan yang indah karena terdapat padang rumput yang luas dan hutan tropis. Gunung ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha.


4. Gunung Semeru
  



Gunung Semeru memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter dengan bagian puncak tertingginya yang dikenal dengan sebutan Mahameru. Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
  

mungkin cukup sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf 
assalamualaikum wr wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar